Aman Atau Tidak Antibiotik Untuk Ibu Hamil Dan Menyusui

Antibiotik – Mungkin anda sudah mengenal atau sering mendengar antibiotik. Antibiotik adalah obat antimikroba. Obat ini memiliki fungsi utama untuk melawan infeksi yang disebabkan oleh bakteri.

antibiotik untuk ibu hamil dan menyusui

antibiotik untuk ibu hamil dan menyusui

Antibiotik bekerja dengan cara membunuh bakteri dan mencegah bertumbuhnya kembali bakteri tersebut. Meskipun demikian, antibiotik sangat jarang atau bahkan tidak bisa digunakan untuk menangkal virus.

Penyakit Yang Tidak Bisa Diobati Dengan Antibiotik

Antibiotik tentunya memiliki kekurangan dan kelebihannya. Disamping baik untuk pengobatan infeksi. Ternyata, antibiotik tidak bisa mengatasi beberapa penyakit. Penyakit umum apa saja yah yang tidak bisa diobati dengan antibiotik.? berikut merupakan beberapa penyakit umum tersebut :

  • Flu.
  • Batuk.
  • Bronkhitis.
  • Sakit tenggorokan.
  • Infeksi sinus.
  • Pilek.

Dari beberapa penyakit tersebut, kebanyakan disebabkan oleh bakteri. Mengapa bakteri bisa kebal terhadap antibiotik.? bakteri dapat menetralkan antibiotik menjadi salah satu alasannya. Bakteri dapat mengubah struktur bagian luar. Sehingga bisa mencegah dan membuat antibiotik itu sendiri kesulitan untuk menyentuh bakteri.

Aman Atau Tidak Antibiotik Untuk Ibu Hamil Atau Menyusui.?

Apakah aman konsumsi antibiotik untuk ibu hamil dan untuk ibu yang menyusui, terkadang dokter menyerankan untuk tidak menyusui selama anda menggunakan antibiotik. Hal tersebut bisa diakibatkan oleh jenis antibiotik yang anda konsumsi dapat keluar ASI.

Selain itu juga, mengenai dampak yang diakibatkan oleh konsumsi obat antibiotik. Itu semua tergantung dari jenis antibiotik yang diberikan oleh dokter pada anda. Cara yang paling aman adalah dengan mengikuti anjuran dokter. Karena pada dasarnya dokter juga memiliki aturan medis yang sudah dipertimbangkan untuk kesehatan bayi atau orangtuanya.

Dampak Atau Efek Samping Terlalu Banyak Mengkonsumsi Antibiotik

Mengkonsumsi antibiotik memang baik untuk kesehatan. Namun, tahukah anda, bahwa mengkonsumsi antibiotik yang berlebihan bisa berbahaya untuk kesehatan anda. Resistensi antibiotik itu sendiri adalah kemampuan dari bakteri itu sendiri dalam melawan efek yang dihasilkan oleh antibiotik.

Dalam penggunaan dengan jumlah yang banyak atau berlebihan bisa menyebabkan kekebalan tubuh bakteri terhadap antibiotik. Mengapa dan apa yang menyebabkan semua itu terjadi.? Penggunaan antibiotik yang berulang dan kurang tepat menjadi alasan yang menyebabkan peningkatan kekebalan tubuh bakteri tersebut.

Sebaiknya konsumsilah antibiotik jika anda memang perlu untuk mengkonsumsinya. Kapan waktu untuk tidak perlu mengkonsumsi antibiotik.? antibiotik sebaiknya tidak usah dikonsumsi saat anda menderita infeksi virus, pilek, flu atau mononucleosis.

Bagaimana Cara Mengkonsumsi Antibiotik Yang Benar.?

Untuk cara konsumsi, anda bisa melakukan konsultasi dengan dokter kandungan untuk mengantisipasi terjadinya dampak yang bisa berpengaruh akan kesehatan janin anda. Beberapa cara yang tentunya bisa anda lakukan adalah dengan pemberian antibiotik pada trimester pertama kehamilan.

Selain itu, konsumsilah antibiotik dengan dosis efektif yang paling rendah. Jangan mengkonsumsi antibiotik dengan obat bebas tanpa adanya rekomendasi dari dokter. Jikapun ingin mengkonsumsi bersamaan, anda harus melibatkan dokter untuk mengetahui apakah aman pada janin anda atau tidak.

Dipost Oleh : Jelly Gamat QnC

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *