Cara Memasak Jengkol Agar Tidak Bau

Jelly Gamatย – Apakah anda suka dengan makanan yang satu ini. Jengkol adalah salah satu tumbuhan yang memang didapat di daerah asia tenggara dan salah satunya adalah Indonesia.

Cara Memasak Jengkol Agar Tidak Bau

Cara Memasak Jengkol Agar Tidak Bau

Apakah anda tahu.? Jengkol di pasaran sangatlah laku, meskipun identik dengan aroma yang sangat menyengat. Namun para bunda masih suka memasaknya. Adakah cara untuk memasak jengkol agar tidak bau.? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Cara Memasak Jengkol Agar Tidak Bau

Memang banyak tips tips di google yang sudah menyajikan berita ini. Namun sayang sekali, meraka hanya memperkirakan saja tanpa langsung mencobanya.

Pada artikel kali ini, kami akan kupas tuntas dan berdasarkan uji coba yang telah para bunda lakukan dan hasilnya wow sangat mencengangkan. Kali ini para bunda tidak usah khawatir dengan bau jengkol yang menyengat.

Apa Saja Bahan Bahan Yang Diperlukan.?

jengkol

Jengkol

Berikut merupakan bahan bahan yang diperlukan.

  1. Bahan utama yaitu Jengkol.
  2. Air bekas anda mencuci beras.
  3. Air yang bersih untuk mencuci dan mengkukus jengkol.

Bagaimana Sih Caranya.? Ini Dia Langkah Langkahnya..!!

Langkah langkah ini bisa bunda lakukan dengan waktu yang lumayan lama bisa sampai 1 hari. Jadi mimin sarankan bunda mempersiapkan sebelum 2 hari acara makan jengkol dimulai yah.. ๐Ÿ˜€ Kalo memang bunda ingin cepet cepet, yah bunda harus menanggung bau jengkol yang sampai 3 hari juga masih kerasa.. hehe ๐Ÿ˜€

  1. Pertama, ketika anda mencuci beras, nah air bekas tersebut jangan langsung di buang yang bun, tapi simpan pada ember atau wadah.
  2. Kedua, Bunda kupas jengkol tersebut, dan cuci jengkol. Setelah dicuci bunda belah tiap kepingan jengkol tersebut menjadi 2 bagian.
  3. Ketiga, Bunda rendam jengkol tersebut dengan air cucian beras tersebut kurang lebih selama 24 jam. Mengapa lama.? Nah pada bagian ini zat yang bau pada jengkol ย akan hilang.
  4. Keempat, Setelah sehari penuh jengkol direndam, ganti air cucian beras dengan yang baru.
  5. Kelima, Rendam kembali selama seharian penuh.
  6. Keenam, Setelah direndam, anda tiriskan.
  7. Ketujuh, Masukan jengkol ke dalam panci berisi air, rebus hingga mendidih dalam waktu 8 atau sampai 10 menit. Anda bisa merebusnya 2 atau 3 kali sesuai yang anda inginkan. Dengan perebusan bau jengkol dijamin akan segera hilang.
  8. Kedelapan, Angkat dan tiriskan. Pipihkan jengkol tiap kepingnya menggunakan cobek atau dengan alat pemukul lainnya, namun yang steril yah bun..
  9. Kesembilan, Kukus jengkol sampai empuk dan matang.
  10. Terakhir, Jengkol yang tidak bau siap dihidangkan, tentunya dengan rasa yang enak jika bunda mengkreasikannya dengan rempah rempah yang biasa bunda masak.

Memang banyak sekali langkah langkahnya yah bun, tapi memang dibutuhkan ketelatenan untuk membuat jengkol tidak bau.. ๐Ÿ˜€ selamat menikmati.

Baca Juga :

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *