Muncul Bercak Darah Saat BAB

BAB – atau kependekan dari Buang Air Besar adalah suatu kondisi dimana ketika anda membuang kotoran atau tinja. Lalu, berapa kali normalnya orang bisa BAB dalam sehari.? semua orang pasti berbeda beda, ada yang sehari sekali, tiga hari sekali, seminggu sekali atau bahkan beberapa kali dalam satu hari.

Muncul Bercak Darah Saat BAB

Muncul Bercak Darah Saat BAB

BAB yang normal adalah berwarna kuning yang tidak terlalu tua ataupun muda. Namun, terdapat beberapa hal yang bisa menandakan adanya masalah pada BAB anda. Salah satunya adalah munculnya bercak darah.

Terdapat beberapa kondisi yang menyebabakan seseorang mengeluarkan darah saat BAB. Apa saja itu.? Apakah berbahaya dan bagaimana cara mengatasinya.? berikut merupakan ulasan selengkapnya.

Apakah Normal Muncul Bercak Darah Saat BAB.?

Normalnya buang air besar pada manusia tidak mengeluarkan darah. Namun, terdapat beberapa hal yang bisa menjadi penyebab dari munculnya darah tersebut. Apa saja itu.? berikut merupakan beberapa penyebab dari BAB berdarah.

1. Anda Menderita Penyakit Divertikulitis

Penyakit divertikulitis adalah suatu penyakit yang terjadi akibat adanya tonjolan berbentuk kantung kecil pada lapisan usus bawah. Akibatnya bisa menimbulkan masalah berupa pendarahan ataupun infeksi pada dubur anda.

2. Menderita Tukak Lambung

Tukak lambung merupakan salah satu penyakit yang diderita oleh lambung. Tukak lambung terjadi akibat adanya peradangan pada lambung anda. Penyebab dari tukak lambung itu sendiri adalah infeksi yang biasanya disebabkan oleh bakteri. Bakteri penyebab tukak lambung adalah helicobacter pylori. Peradangan lambung ini bisa menyebabkan adanya pendarahaan dan besar kemungkinan darah tersebut akan keluar saat anda sedang BAB.

3. Penyakit Menular Seks

Penyakit Menular seks bisa menyebabkan pendarahan pada rektum. Terlebih, jika anda melakukan seks anal.

4. Kanker Usus

Kanker usus adalah suatu kondisi dimana sel jaringan akan terus tumbuh dan berkembang dengan pesat serta tidak terkontrol oleh tubuh. Gejala awal dari kanker usus stadium 1 bisa saja berupa pendarahan pada dubur atau saat BAB.  Segera lakukan pemeriksaan lebih lanjut dengan dokter untuk bisa mengetahui apakah pendarahan tersebut disebabkan oleh kanker usus atau bukan.

Apakah Bisa Diobati.? Bagaimana Cara Mengobatinya.?

Untuk mengatasi pendarahan pada saat BAB, anda terdapat beberapa cara yang tentunya bisa anda implementasikan. Pengobatan ini bertujuan untuk menghentikan pendarahan akut. Untuk pengobatannya, anda bisa menggunakan antibiotik atau menggunakan obat anti inflamasi.

Selain dengan pengobatan seperti itu, anda bisa memperbanyak konsumsi serat untuk mengatasi sembelit yang bisa berpotensi menyebabkan robeknya anus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *