Apa Tanda Seseorang Menderita Dehidrasi.? Kenali Sejak Dini

Tanda Menderita Dehidrasi – Mengenali tanda dehidrasi sejak dini bisa meningkatkan peluang sembuh dari penyakit ini sekaligus mencegah dampak yang berbahaya yang diakibatkan oleh dehidrasi.

Dehidrasi itu sendiri merupakan kondisi dimana tubuh anda kekurangan cairan. Terkadang kondisi ini sering disepelekan. Namun, pada nyatanya dehidrasi bisa menyebabkan hal yang serius atau bahkan kematian. Untuk itu, apakah anda masih menganggap bahwa dehidrasi adalah kondisi yang bisa anda sepelekan.?

Tanda Menderita Dehidrasi

Tanda Menderita Dehidrasi

Terdapat setidaknya 2 tanda bahwa anda terkena penyakit dehidrasi. Yang pertama adalah rasa haus dan yang kedua adalah urine menjadi berwarna kuning gelap. Saat itu, tubuh membuat cara agar mengurangi pembuangan cairan. Sedangkan untuk dehidrasi itu sendiri dibagi menjadi 3, yaitu dehidrasi ringan, sedang dan berat. Untuk lebih jelasnya mengenai gejala dehidrasi, berikut merupakan ulasan selengkapnya.

Tanda Dehirasi Ringan, Sedang Dan Berat Yang Perlu Anda Ketahui

Dehidrasi ringan biasanya bisa diatasi dengan cepat. Hal ini pada umumnya bisa menyebabkan anda merasakan harus, warna urine manjadi gelap, mulut yang kering, sakit kepala, sembelit, pusing atau bahkan jumlah frekuensi dari urine itu sendiri menurun.

Mudah mengantuk dan cepat lelah juga bisa menjadi suatu pertanda bahwa anda menderita dehidrasi. Namun, pada kondisi ini anda bisa menyembuhkannya dengan cepat meskipun tanpa bantuan medis. Baca juga : Gejala Dehidrasi Pada Bayi Yang Perlu Bunda Ketahui

Anda bisa melakukan beberapa hal dibawah ini, seperti :

Tanda Dehidrasi Berat Yang Membutuhkan Pertolongan Medis Dengan Cepat

Lain halnya dengan dehidrasi yang ringan, dehidrasi yang berat bisa berpotensi membahayakan tubuh dan diperlukan pertolongan medis secepatnya. Karena tidak bisa dipungkiri, banyak kasus kematian terjadi akibat dari dehidrasi berat.

Dehidrasi berat bisa ditandai dengan mudah marah marah, merasakan kebingungat, bernafas dengan cepat, denyut jantung yang cepat namun lemah. Adapun beberapa gejala lainnya, seperti :

  • Mata tampak menjadi cekung.
  • Demam.
  • Kulit menjadi tidak elastis.
  • Tekanan darah menjadi rendah.
  • Tidak buang air kecil selama 8 jam pada bayi yang menyebabkan popok bayi jarang basah akibat urine.
  • Sangat pusing dan mengantuk.
  • Kejang kejang.
  • Tingkat kesadaran yang rendah.

Lalu, Bagaimana Cara Mencegah Agar Dehidrasi Tidak Terjadi.?

Untuk mencegah dehidrasi, anda bisa meminum banyak cairan dan tentunya dengan mengkonsumsi makanan atau buah buahan yang mengandung kandungan air yang tinggi.

  1. Konsumsi Buah Buahan Dengan Kadar Air Yang Tinggi
    Perlu anda ketahui, bahwa tidak semua cairan berasal dari air. Namun, buah buahan seperti semangka, jeruk dan yang lainnya juga memiliki kandungan air yang tinggi. Baca Juga : Mencegah Dehidrasi Dengan Buah Buahan
  2. Jangan Menunggu Sampai Haus
    Rata rata ketika anda beraktivitas, anda selalu lupa akan asupan ari di dalam tubuh, Minumlah sehari 7 sampai 8 gelas. Hal ini untuk meningkatkan konsentrasi anda dan juga memberikan tubuh asupan air yang cukup. Jangan menunda nunda untuk minum.
  3. Jumlah Keringat Yang Dikeluarkan Beda Beda, Jangan Terpatok Dengan Angka
    Ketika anda mengetahui bahwa anda harus mengkonsumsi air sebanyak berapa gelas per harinya. Mungkin itu tidak akan efektif. Seperti ktia ketahui, bahwa jumlah keringat yang dikeluarkan seseorang pastinya berbeda beda. Meskipun begitu, jika menurut rata rata, orang dewasa sebaiknya meminum air antara 2 sampai 3 liter per harinya.

 

Simak Juga Artikel Yang Lainnya :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *